https://www.pexels.com/photo/close-up-photo-of-plugged-cables-1624895/

Pengenalan Cloud Computing

Pendahuluan

Cloud Computing dapat diartikan menjadi penggunaan software dan resources berbagi jaringan untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa adanya tanggung jawab atas kepemilikan  dan manajemen tersebut

Dengan adanya cloud computing, penggunaan sumber daya computer tidak hanya tersimpan pada sebuah computer personal tapi disediakan secara cloud sehingga akses dapat dilakukan secara portable.

Dalam Cloud computing terdiri dari berbagai layanan model seperti:

  • Infrastructure as a service
  • Platform as a service
  • Software as a service
  • Anything as a service

Hal ini memberikan dampak positif kepada berbagai macam industri dikarenakan para pelaku industry tidak perlu memikirkan biaya maintenance dari penggunaan server cloud computing, namun dibalik sisi positif tersebut, para pelaku usaha harus mengikuti Term of Services (TOS) yang diberikan oleh provider cloud computing sehingga tidak bisa memiliki kehendak bebas 100%

 

Pembahasan

 Kamu membayangkan saja ketika seseorang mengambil keputusan didalam kantor dan dia disuruh mengambil keputusan, dengan rencana awal perusahaan yaitu penambahan karyawan. Dan pada saat itu juga setiap karyawan nya diwajibkan mendapatkan computer satu-satu atau memliki hardware dan perangkat lunak yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka semua. Tidak mungkin dong setiap karyawan baru harus mendapatkan computer atau perangkat lunak untuk menunjang suatu pekerjaannya, pasti nya itu sangat membebani dari segi keuangan perusahaan nya.

Sehingga dengan adanya cloud computing yang alternatif ini dan sangat menjanjikan sekali kita tidak perlu lagi namanya menginstall software setiap unit nya, yang kita hanya membutuhkan untuk menginstall satu aplikasi apakah itu yang harus kita install. Yaitu aplikasi yang kita butuhkan untuk masuk ke dalam layanan yang berbasis website yang sudah ada di server host itu sendiri, dan sangat menudukung pekerjaannya yang akan disediakan.

Dan server ini dapat menjalankan hamper semua aplikasi yang kita butuhkan seperti, G-mail, pengelolahan kata, bahkan data pemograman analisis yang sangat kompleks oleh karna itu ini bisa disebut sebagai c;oud computing. Dan dalam cloud computing maka sudah tidak diperlukan lagi menggunakan aplikasi yang memberatkan pada computer local atau personal. Sebagian besar dari diri kita ini pastinya sudah sangat awam dalam menggunkan beberapa bentuk cloud computing yang seperti, e-mail, Yahoo! Mail atau Gmail.

 

Platform Cloud Computing

Untuk dapat menggunakan cloud computing maka user perlu berlangganan pada provider, ada 3 provider yang sangat popular di kalangan IT, yaitu: Google cloud, Microsoft Azzure, Amazon Web Services (AWS)

Dalam pembahasan kali ini, penulis hanya membahas salah satu platform saja yaitu AWS

  • Amazon web service

Dilansir oleh Wikipedia.org.

“AWS (Amazon web service) adalah layanan cloud computing yang disediakan oleh Amazon sejak 2002 oleh Jeff Bezos dan menjadi perusahaan terbesar yang kita kenal untuk membeli lagu dan buku”

Brand ini memiliki kelebihan seperti dapat melakukan penggunaan suatu model programming, pengoperasian suatu sistem dan basis data yang sudah disediakan. Dengan keunggulan tersebut maka akan mempermudah user dan AWS memiliki biaya yang murah

1 Komentar

  1. Next time I read a blog, Hopefully it wont fail me as much as this particular one. I mean, Yes, it was my choice to read, however I really believed you would have something helpful to talk about. All I hear is a bunch of whining about something you could fix if you werent too busy searching for attention.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.